Laman

Pencarian Curug Putri "TAHURA" Pandeglang

Aliran Sungai dari Curug Putri
Bismillahirrahmanirrahim! yoshaaaa....kurang piknik-kurang asyik baru saja melakukan perjalanan lagi, kali ini kita piknik ke daerah Pandeglang Provinsi Banten, tujuan utama kita yaitu Curug Putri yang terletak di Taman Hutan Raya (TAHURA), lokasinya lumayan dekat dari jakarta, bisa ditempuh dengan empat sampai lima jam perjalanan.

Sebenarnya setelah perjalnan ke Ujung Genteng bulan lalu, kita sudah ada rencana ke Curug Putri ini, karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari jakarta.

Jum'at malam, seperti biasa kami berkumpul pukul 23:00 WIB, oh ia, perjalanan kali ini kita ada personil tambahan, ada juga personil sebelumnya yang tidak bisa ikut, total personil yang ikut kali ini ada sembilan belas orang, dan diawal perjalanan kali ini sempat ada sedikit kendala, namun berhasil kami atasi.

Karena ada sedikit kendala jadi waktu keberangkatan yang awalnya direncanakan pukul 00:30 WIB menjadi mundur ke pukul 01:25 WIB.

Waktu menunjukan pukul 02:45 WIB, kita masih berada di Tol Merak, singkat cerita pukul 04:53 kita berhenti di slaah satu Mesjid daerah pandeglang, namanya Mesjid At-tin, selesai sholat subuh kita melanjutkan perjalanan kembali, sang navigator kali ini bernama Bro Zia, katanya dia pernah mengunjungi tujuan kita kali ini, namun sayang navigator kita kali ini Linglung :D, sudah bebrapa kali kita salah jalan,dan parahnya lagi, kita tanya sama warga sekitar tidak ada yang tahu dimana Curug Putri berada, waktu sudah menunjukan pukul 06:35 WIB, sementara kita masih belum di tempat tujuan, kita masih bertanya sama warga sekitar, saat itu kita berada di Jalan Labuhan, kita bertanya sama tukang Ojek, Ibu-Ibu penjual nasi uduk, Anak sekolah, Tidak ada yang tahu, dan sialnya lagi, kita kesasar, tujuan yang harusnya Curug Putri (TAHURA), malah ke Curug Putri yang berbeda, dan dengan perasaan bingung kita kembali ke jalan yang semula.

Perjalanan masih tak muter-muter gak jelas, pukul 06:50 WIB kita mampir di warung nasi uduk untuk sarapan pagi, sementara yang lain pesan nasi uduk, saya bertanya sama Akang-akang yang sedang mendorong kereta bayi, dan Allhamdulillah si Akang tersebut tahu lokasinya, katanya "Atuh eta mah tempat maen saya waktu masih SMP a!" katanya dengan logat khas banten, logat sunda banten sama sunda sukabumi memang beda :D, akhirnya kita dapat petujuk baru, dari Jalan Labuhan kita ke Jalan Caringin, lalu ke Jalan Carita, oke berbekal informasi dari si akang yang mendorong kereta bayi, kita lanjutkan perjalanan.

Ceritanya kita sudah berada di Jalan Carita, tapi sayang kita nyasar lagi, perjalanan mengarah ke Pantai Tanjung lesung, sementara Lokasi itu adalah tujuan ke2 kita, terpaksa kita tanya orang lagi, oke lah kali ini Bro Reza punya Ide, kita tanya sama tukang Ojek, dan kalo dia bersedia, kita minta diantarnya sampai tujuan dengan bayaran Rp.20.000, yattaaaa....kang Ojeknya bersedia, kita diantar sampai tempat tujuan.

Akhirnya, kita sampai ditempat tujuan pukul 07:55 WIB, namun sayang, gerbang tempat wisatanya masih ditutup, sementara pengguna kendaraan bermotor bisa menerobos masuk, kita hanya bisa menunggu pengelola wisata membuka gerbangnya, sampai pukul 08:30 WIB pintu gerbang baru bisa dibuka, lamaaaaaaaa.

Dari pintu gerbang perjalanan ke tempat Parkir masih jauh T.T, awalnya kondisi jalannya bagus tapi bebrapa setelah satu kilometer jalnnya berubah, hati-haji aja bawa mobilnya.

Akhrinya setelah dibanting-banting dimobil, kita sampai ditempat parkir, nah dari sini kalau mau ganti baju mending dimobil saja, kenapa? karena toilet ditempat parkir tidak terawat, kotor.

Keluarga Kurang Piknik-Kurang Asyik (tempat parkir Curug Gendang&Curug Putri)

Dari parkiran kita berjalan kaki menuju Curug Gendang, dan kondisi jalannya sangat menakutkan, kita berjalan di pinggiran tebing yang terjal, banyak bekas longsoran tanah, kondisi jalan licin, beuh greget lah jalannya, kita berjalan dua sampai tiga kilo meter, kalo gak salah...lupa XD, yang jelas bikin kaki gempor,

Dari Curug Gendang, kita berjalan kaki lagi ke Hulu sungai, Curug Gendang ini terdiri dari Dua aliran sungai, yang pertama, dari sungai Cadas Ngampar, dan yang kedua dari Curug Putri.

Aliran Sungai Curug Gendang

Dari Curug Gendang, kita menyusuri aliran sungai sampai ketempat pemandu, disini kita bisa menitipkan barang-barang bawaan yang tak mungkin dibawa berenang, ditempat pemandu ini kita harus membayar jasa pemandu serta biaya sewa pelampung.

Setelah siap dengan perlengkapan tempur, kita langsung menyusuri aliran sungai yang berasal dari Curug Putri.

tunggu tunggu....tanggal dan jam di gambar tidak sesuai😄, yang punya action cam gak sempat setting

Info dari Pemandunya sebelum kita datang airnya berwarna bening kebiruan, tapi setelah kita sampai airnya jadi tidak jernih, mungkin dari atas gunung sempat terjadi hujan

katanya gak mau nyebur, setelah  dengar info kedalaman air 5 Meter 😑

Setelah puas bermain air, pukul 14:10 WIB, Barulah kita pulang ke jakarta.

Perjalnan pulang kita mampir dulu ke sini

Oke, saatnya memberikan informasi mengenai perjalanan kita kali ini.

Waktu tempuh : waktu tempuh ke Curug Putri Pandeglang dari jakarta harusnya kisaran empat sampai lima jam, tapi karena kita gak tahu jalan dan nyasar-nyasar jadi perjalnan kita sampai memakan waktu enam jam lebih.

Rute : saya gak ngerti jalan 😁, setahu saya rutenya dari Serang > Pandeglang > Labuan > Carita.

Tarif : Tarif ke Curug Putri pandeglang, untuk biaya parkir menggunakan Mobil dikenakan tarif Rp.50.000,- /mobil, jika menggunakan Motor Rp.15.000,- itu sudah termasuk tarif ke Curug Gendang, tapi kalau mau meneruskan bermain ke Curug Putri(tujuan utama), kita dikenakan tarif untuk satu orang Rp.15.000,- untuk sewa pelampung dan pemandu juga termasuk penitipan barang, kalau agak was-was dengan barang-barang berharga, mending bawa waterproof bag, seperti saya, jadi bisa dibawa berenang 😀.

Note : Tarif dipublikasikan 12 Nov 2016, mungkin suatu saat bisa berubah

Allhamdulillah, sudah tiga kali perjalanan, "saya sih ikut baru dua perjalnan", dan cuaca selalu mendukung, walau dimusim penghujan tapi perjalanan kita selalu disambut hujan setelah perjalnan pulang🙏.
Semoga Piknik kita selanjutnya lebih seru lagi dan diberi kemudahan, serta keselamatan Amin 🙏